PURBALINGGA, INFO – Sebanyak 24 penerima manfaat program rantang berkah di Kecamatan Bukateka menerima bingkisan lebaran dari Bupati Purbalingga. Hal ini tentu disambut baik oleh para penerima rantang berkah yang merupakan lansia sebatang kara.

Tidak hanya sekadar memberikan bingkisan lebaran, Bupati Purbalingga juga menanyakan secara langsung kepada penerima rantang berkah manfaat dari program tersebut. Rupanya program rantang berkah ini sangat dirasakan sekali manfaatnya bagi para penerima rantang berkah di Kecamatan Bukateja.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Purbalingga, Sediyono mengatakan Bupati Purbalingga pada kesempatan kali ini ingin bersilaturahmi dengan para penerima program rantang berkah. Dimana ada sejumlah 305 lansia penerima manfaat rantang berkah.

“Hari ini ada tiga kecamatan yang mana para penerima rantang berkah ini mendapatkan bingkisan dari beliau (Bupati Purbalingga, Red) yakni Kecamatan Kaligondang, Kecamatan Kemangkon dan Kecamatan Bukateja,” kata Sediyono saat ditemui di sela-sela Pemberian Bingkisan oleh Bupati Purbalingga kepada Penerima Manfaat Rantang Berkah di Pendopo Kecamatan Bukateja, Sabtu (1/6).

Menurutnya, menjelang lebaran Bupati berkenan untuk menyambangi para penerima manfaat Rantang Berkah yang dikumpulkan di pendopo kecamatan. Sebagai sampel, beberapa dari penerima Rantang Berkah tersebut akan ditengok secara langsung di rumahnya.

“Untuk mengetahui kondisinya, sejauh mana manfaat dari program Rantang Berkah ini ternyata oleh para penerima itu dirasakan sangat bermanfaat dan sangat menyehatkan juga mengenyangkan,” ujarnya.

Sediyono menyampaikan para penerima Rantang Berkah ini meminta kepada Bupati Purbalingga agar program tersebut dapat dilanjutkan. Tidak hanya itu, ia pun berharap penerima program tersebut dapat ditambah lebih dari 305.

“Untuk tahun yang akan datang jumlah penerima rantang berkah sementara masih mempertahankan dulu jumlah yang ada, nanti tergantung dengan anggaran yang ada kita harapannya bisa mencakup seluruh Kabupaten Purbalingga,” kata Sediyono.

Salah satu penerima manfaat Rantang Berkah di Kecamatan Bukateja, Mbah Kamen (81) warga Desa Bukateja Rt 1/5 yang diungkapkan oleh Sukiman, berkat adanya Rantang Berkah dari pemerintah sangat membantu dan bermanfaat untuk Mbah Kamen. Apalagi kondisi Mbah Kamen yang hidup sebatang kara dan sudah tidak dapat mendengar lagi.

“Saya ‘uwa’nya Mbah Kamen, Mbah Kamen kan hidup sebatang kara jadi saya dan keluarga saya yang merawatnya,” kata Sukiman.

Menurut Sukiman, dengan adanya Program Rantang Berkah untuk Mbah Kamen yang hanya bisa berbaring di tempat tidur sangat dirasakan manfaatnya. Apalagi Rantang Berkah tersebut langsung diantarkan oleh penyedia makanan ke rumah Mbah Kamen.

“Alhamdulillah selama ini rantang berkah yang diberikan selalu dihabiskan oleh Mbah Kamen, menunya juga lengkap dan mudah-mudahan dilanjut lagi program rantang berkah karena sangat bermanfaat sekali,” harap Sukiman.

Hanif Aminudin, pengantar Rantang Berkah dari Warung Sambel Rawit Bukateja sebagai penyedia makanan pun mengakui program Rantang Berkah sangat bermanfaat sekali selain untuk penerima manfaat Rantang Berkah tetapi juga untuk penyedia makanan. Setiap hari ia harus mengantarkan Rantang Berkah kepada 24 lansia sebatang kara yang menjadi penerima Rantang Berkah.

“Tentunya bagi warung sendiri ini bisa menambah penghasilan untuk warung ini (Sambel Rawit Bukateja, Red) dan kami untuk Rantang Berkah ini kami selalu menyediakan menu ganti-ganti setiap harinya,” kata Hanif.

Menurutnya, mengantar Rantang Berkah sampai kepada penerima manfaat Rantang Berkah secara langsung menjadi kebahagiaan tersendiri baginya. Apalagi kondisi penerima yang sudah lansia dan tidak bekerja, tentunya bisa menjadi ladang pahala bagi pemberi maupun penyedia Rantang Berkah.

“Setiap hari kira-kira jam 9 kalau masakannya sudah matang sudah dibungkusin ke rantangnya langsung saya anter, di masing-masing penerima nanti sudah ada rantang kosong terus ditukar dengan rantang yang sudah berisi makanan seperti itu setiap hari,” pungkasnya. (PI-7)